Tutorial Facebook dan Keunggulannya

Tutorial Facebook dan Keunggulannya

Wah!!! Aq juga baru bergabung dengan facebook di bulan terakhir ini. namun dengan
membaca artikel tentang facebook dan ajakan dari temen-temen, hatiku juga tergugah untuk
mencoba web sosial yg satu ini. Ya bisa dikatakan facebook (FB)  ga jauh beda dengan
friendster (FS).  tapi dengan tidak merendahkan FS, FB bisa dikatakan lebih nyaman untuk
berkomunikasi dengan temen2 kenalan kita di dunia maya bahkan temen2 yg jauh dari
daerah kita.

artikel ini saya coba buat karena banyak temen-temen saya yg bertanya bagaimana seh
membuat FB? FB apaan seh?apa aja keunggulan FB?bahkan ada yg sampai minta buatin
FB…wah wah! saya juga mesti nerangin berulang-ulang dan berkali kepada setiap temen
ku.bukannya aku sok pintar atau sok tau, tapi untuk memudahkan temen-temen dalam
pembuatan FB aku bakal coba nulis di blog ku ini…ya walau sedikit membaca dari artikel
orang…

sebelumnya, kita bahas apa seh FB itu???

Facebook adalah situs jaringan sosial yang memukau banyak penjelajah di ruangan maya.FB
diluncurkan tanggal 4 Februari 2004. Nah saat ini, menurut situs statistik Alexa.com,
Facebook adalah situs nomor 12 yang paling banyak dikunjungi di Indonesia, satu peringkat
di atas Detik.com dan satu peringkat di bawah Wikipedia. Lewat Facebook pergaulan di
ruang maya kian luas dan gaya berinternet pun nampak lebih modern. User dapat bergabung
dalam jaringan diatur berdasarkan kota, tempat kerja, sekolah, dan daerah yang
menghubungkan dan berinteraksi dengan orang lain. Kita juga bisa menambah teman (add
friends), mengirim pesan (send messages) dan memperbaharui profil (edit & update).

Mark Zuckerberg menemukan facebook ketika masih kuliah di Harvard Universiy. Dulunya
anggota dari website ini adalah terbatas untuk mahasiswa Harvard, lalu dikembangkan
untuk beberapa universitas dalam 1 daerah, akhirnya tidak hanya beberapa universitas, tapi
juga sekolah tinggi (sma) dan anak-anak umur minimal 13 tahun keatas. Website ini sudah
memiliki lebih dari 100 juta user yang aktif di seluruh dunia.

nah, ini beberapa keunggulan FB dengan sosial networking (jaringan sosial) lainnya!!!

1.  Clean Layout, layout yang sangat baik walaupun ada beberapa menu yang posisinya
tidak gampang ditemukan.
2.  No advertising, tanpa banner ataupun iklan gambar yang mencolok. Facebook
memiliki block atau feature yaitu flayer untuk mengiklankan sesuatu tapi pengguna
tidak akan menyangka itu adalah iklan.
3.  Network, pada awal pembuatan account kita disuruh memilih jaringan utam kita
berdasarkan negara. Dengan fitur ini kita dengan mudah menemukan teman yang
berada di Indonesia.
4.  Group, berbeda dengan Friendster yang mengharuskan kita membuat account untuk
komunitas atau sekolah di Facebook kita bisa membuat group dimana group ini
memiliki fitur yang sangat baik untuk membentuk komunitas online seperti diskusi,
foto, wall atau testimonial, dan fitur lainnya.
5.  Photo Album, kita bisa membuat foto album sehingga foto kita bisa dibuat kategori.
Dan fantastisnya jumlah foto tidak dibatasi alias unlimited. Mmm pengen pindah ah
dari Flicker ke Facebook.
6.  Selling, Facebook memiliki fitur yang memungkinkan kita menawarkan barang atau
jasa ke pengguna lainnya. Berbeda dengan Friendster yang cuma menyediakan
buletin.
7.  Event, kita bisa mengisi event atau kegiatan yang kita pengen pengguna lain tahu.
Misalnya ada party, atau launching produk kita bisa mengisi event dan pengguna lain
bisa melihatnya. Di friendster lagi-lagi cuma bisa masuk di bulletin.
8.  Status update, kita bisa mengisi status kita ngapain aja. Misalnya lagi dirumah, trus
pergi kuliah, semua itu bisa diupdate dan bisa dilihat oleh pengguna lain. Jadi kita
bisa tau kegiatan sehari-hari teman kita.
9.  Mobile access, fitur yang sangat mobile. Kita bisa update status, add friend, atau
kegiatan di Facebook lainnya dengan mengirim SMS. Hampir sama dengan SMS
Banking.
10. Mobile Browsing, bisa mengakses website Facebook langsung dari handphone kamu.
Dengan tampilan yang disesuaikan kondisi handphone akses lebih mudah dan cepat
dibanding mengakses website dengan tampilan desktop dari handphone.
11. Anti Fake account and Spam, Facebook memiliki fitur yang mantap mencegah account
palsu dan spam. Kaya teman saya mo daftar cuman karena nama dia Usa jadi gak bisa
daftar karena dicurigai account palsu yang ingin mendaftar USA atau United State of
America. Untuk itu harus mengirim request ke email untuk dibuatkan account oleh
technical support Facebook. Untuk tiap aksi posting maka kita harus mengisi
CAPTCHA untuk mencegah spam, bila tidak ingin terus menggunakan CAPTCHA,
kita bisa menverifikasi account dengan mengirim konfirmasi ke HP kita dan kemudian
mengisi form verifikasi sesuai kode yang dikirim ke account kita.
12. Develop your Facebook widget, kita bisa membangun aplikasi kemudian dipasang di
profil kita menggunakan API dari Facebook platform. Bisa buat game, feed reader,
dan aplikasi lainnya.

nah..masih banyak yg lainnya…dari pada makin bingung mendingan gabung kita langsung
aja mencoba membuat FB!!! tapi sebelum itu  ada baiknya kita membaca  7 Etika bikin
facebook kian nyaman

1. temen2 bisa mengklik link di atas atau http://www.facebook.com
2.  cari lah link sign up untuk mendaftar atau membuat account baru, nah isi data2 yang
ada di atas sign up tersebut, setelah itu klik sign up, penting (masukkan email yg
sebenarnya agar temen2 bisa confirmasi aktifasi account dengan link yg dikirimkan
FB ke email temen2)
3.  lalu masuk ke security check.masukkan code yg di atas lalu klik sign up
4.  bukalah email yg anda buat untuk registrasi td. Lalu klik link yg dikirimin oleh FB
untuk aktivasi. Nah seteleh anda lakukan itu, anda telah memiliki account di FB

Facebook menyediakan kemudahan dalam memulai account anda, terdapat 4 langkah
Jika ingin langsung masuk ke home
1. Langkah 1 : Facebook mengecek apa ada teman kita di yahoo yang memiliki account Facebook
2. Langkah 2 : jika kita mau add friends lewat email address
– Isikan email address tujuan
3. Langkah 3 : pengisian singkat tentang profile kita
– Isi keterangan yang diperlukan lalu klik pada “save”
4. Kita juga bisa menambah teman dari relasi email
– Pilih user yang mungkin kita kenal lalu klik add friends
5. Langkah 4 : memilih network atau kawasan
– Isikan kota dimana kita berada, sebagai lokasi network, lalu klik “join”

HOME FACEBOOK
1. Kemudian masuk ke Home account kita
Aplikasi sederhana yang sudah kita miliki diantaranya Status teman kita, update terbaru
teman kita, Status teman yang sedang online.
Di sini ada beberapa menu, seperti : Profile, Edit, Friends, Inbox, Account. Salah satu
kelebihan Facebook, kita bisa chat dengan teman-teman yang sedang online.
Berikut penjelasan singkat tentang menu-menu yang ada.
Ø Profile
friends yang kita miliki Contohnya wall yg diberi oleh friend kita,History kita selama
active
  Wall : semacam comment, bisa kita menulis untuk profile kita, bisa juga orang lain yang
menulis.

 Info : berisi info dari profile kita mengenai interest, deskripsi tentang diri kita dan lain
sebagainya.

 Photos : berisi foto-foto kita

 Boxes : berisi keterangan dari a       likasi-aplikasi yang kita miliki, lewat boxes ini, kita
bisa mengirim hadiah dari a       likasi yang kita punya.

 Add new tab : menambah menu dalam Profile kita, biasanya link ke a               likasi yang kita
punya

Ø Edit
Disini berisi menu-menu untuk mengedit jenis kelamin, tgl ultah, tingkat pendidikan, status,
deskripsi diri, hometown dan masih banyak lagi.
Ø Friends
Dari sini kita bisa mengetahui friends yang baru update, Di sini kita juga bisa menambah
teman.   Salah   satu   kelebihan   dari  Facebook  adalah   kemudahan   dalam   add   friends,   hanya
tinggal add dan mengisi capcha yang tampil. Kita bisa search friends kolom search lalu add
friends
cara add friends
• Isikan capcha yang tampil lalu klik add friend
• Klik add friend
• Klik add as friend

Ø Inbox
Di menu inbox, kita bisa membaca pesan yang dikirim untuk kita, mengirim pesan seperti di
yahoo mail ataupun friendster
Aplikasi sederhana yang disediakan Facebook:
Ø Photos
Browse file lalu klik check box, terakhir klik Upload Picture, Klik pada change profile picture,
Terdapat versi thumb pada gambar profile kita

Ø Groups
Disini kita bisa join group yang kita suka, berdiskusi dalam group dll.
• Add group dari group teman kita.
Jika   ingin   mencari   grou   p  letakkan   kursor   di   “search   for   Groups”,   kalo   ingin
membuat group baru klik di “create a new group”
• Tampilan group yang kita pilih
Event dari group, The wall dari member yang ada, Menunjukkan members dari
group, klik join.
Ø Events
Di menu events ini kita bisa mengetahui events yang akan diselenggarakan, baik events kita
maupun events teman kita, kita juga dapat mengetahui events yang sudah berlalu dan tgl ultah
dari teman kita. Jika kita ingin menambah event, Menu pada events
Ø Notes
Ø Notes berisi catatan-catatan, bisa apa saja, biasanya berupa text.Jika kita ingin menambah note
Nah kesimpulan tentang Keuntungan dari pemakaian Facebook:
 Merupakan salah satu social networking website yang mana kita bisa menambah teman
dari seluruh dunia.
 Kita dapat share berbagai informasi yang kita miliki.

 Kita dapat bediskusi dengan orang-orang yang memiliki hobby dan interest yang sama
melalui group.

 Kita dapat mengirimkan berbagai macam gift kepada teman-teman kita.

 Kita dapat chat langsung dengan teman yang sedang online, tanpa mengganggu kegiatan
kita di Facebook.

 Keamanan data kita lebih terjamin

Semoga Bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: